Home Daerah Uji Demplot Pupuk Hayati Cair “Riogen” pada Tanaman Karet dan Kopi

Uji Demplot Pupuk Hayati Cair “Riogen” pada Tanaman Karet dan Kopi

263
0
SHARE

Ungaran, 16 September 2019, Kebun Ngobo

MELAKUKAN demplot dengan menggunakan pupuk hayati “Riogen” diareal PT. Perkebunan Nusantara IX (Persero) tepatnya di kebun Ngobo Afdeling Gebugan. Adapun komoditas yang dilakukan ujicoba (demplot) adalah tanaman karet dan kopi.

Seperti yang diterangkan Ginda Arthur Manurung, dalam hal ini, Demplot dihadiri oleh beberapa personil PTPN IX antara lain, lasman selaku kepala kebun, lalu masteng, yunianto mewakili dari PTPN IX.

Adapun pupuk Hayati “Riogen” digunakan dalam demplot ujicoba dilahan 2 ha milik PTPN IX dengan perincian 1 ha untuk tanaman karet dan 1 ha untuk tanaman kopi. Adapun jumlah pohon utk tanaman karet dalam 1ha = 550 pohon, sedangkan tanaman kopi 1 ha = 1200 pohon.

“Demplot ini dilakukan dalam rangka kerjasama CV. Multi Guna dengan PTPN IX dan sekaligus membuktikan bahwa pupuk hayati “Riogen” dapat meningkatkan produktivitas, serta pertumbuhan akan tanaman terutama juga memperbaiki unsur hara dalam tanah,” Jelasnya saat dihubungi, dari Jakarta, Selasa (17/9/2019).

Ginda juga mengatakan bahwa dengan menggunakan pupuk hayati setidaknya bisa mengurai pupuk kimia, bisa memgembalikan kesuburan tanah dan bisa meningkatkan produktivitas hasil panen.

“Pupuk hayati “Riogen” sudah lolos uji laboratorium IPB, juga sudah mendapat izin dari Menteri Pertanian RI, dan memastikan bahwa telah dilakukan demplot di Jawa dan Luar Jawa,” ujarnya.

Selama ini demplot dilakukan pada komoditas Padi dengan hasil yang sangat baik sekitar 10 ton per hektare dimana sebelum memakai pupuk tersebut hanya memperoleh 3Ton sampai dengan 4 ton per ha. Saat ini kami melakukan uji coba demplot pada komoditas karet dan kopi yang pada akhirnya terjadi peningkatan hasil panen pada kedua komoditas perkebunan tersebut.

Adapun langkah-langkah yang dilakukan sebelum demplot:
1. Siapkan drum kosong serta berisi air 200 liter air.
2. Pupuk hayati “Riogen” 2 liter.
3. 2 kg gula aren.
– air yg berisi 200 liter di drum dicampur pupuk hayati “Riogen serta 1kg gula aren dan diaduk hingga rata, kemudian didiamkan selama 2 x24 Jam. Setelah selesai pencampuran dan pengadukan maka pupuk hayati “Riogen” siap utk digunakan dalam ujicoba demplot.(Bar/Editor:JPO)