Home Daerah Miris Akan KARHUTLA Berikut Penjelasan Rizki

Miris Akan KARHUTLA Berikut Penjelasan Rizki

161
0
SHARE
Teks.Gambar: Foto Rizki, Ist
TERKAIT kebakaran hutan dan lahan yang berdampak merugikan banyak pihak, Rizki Direktur administrasi badan koordinasi Nasional Lembaga Pariwisata
yang juga Pencinta Alam Mahasiswa Islam Pengurus Besar HMI angkat bicara terkait kebakaran hutan dan lahan (KARHUTLA).
 .
Jika kita melihat dari paparan dalam debat capres lalu, sangat jelas presiden Joko Widodo kala itu menyebutkan 3 tahun kebelakang tidak akan ada lagi kebakaran hutan dan lahan.
 .
“Namun miris kita rasa hari ini, dimana kebakaran hutan dan lahan cukup ironis sekali bahkan dampak dari kebakaran hutan ini masyarakat terserang penyakit ISPA,” ujar Rizki saat dihubungi di Jakarta, Rabu (18/9/2019).
 .
Untuk diketahui bersama dari data yang dihimpun juga melalui alamat website sipongi.menlhk.go.id tercatat pada tahun 2019 kebakaran hutan dan lahan pada tahun ini mencapai 328.722 Hektare.
 .
Tragisnya lagi, sambungnya menyebutkan, bahwa wilayah Kalimantan dan Sumatera dengan jumlah lahan yang terbakar berkisar 168.988 Ha dengan rincian di Riau mencapai 49.266 Ha, kalimantan Tengah 44.769 Ha, kalimantan barat 25.900 Ha, kalimantan Selatan 19.266 Ha, sumatra selatan 11.826 Ha, Jambi 11.022 Ha, kalimantan timur 6.715 Ha, dan Kepri 5.621 Ha, hingga dampaknya mengakibatkan bencana asap yang hingga terjangkit nya penyakit ISPA pada masyarakat.
 .
“Kebakaran hutan ini terindikasi campur tangan dari pihak perusahan untuk melakukan perluasan perkebunan”. Ungkap Rizki.
 .
Ia pun berharap dan meminta kepada presiden untuk segera bertindak tegas dan usir dari Indonesia perusahaan ataupun oknum yang terlibat dalam kebakaran hutan dan lahan ini
 .
“Mendesak juga agar menteri KLHK Siti Nurbaya agar sebagai menteri di LHK mundur dari jabatannya, sebab, dinilai tidak becus dalam mencegah kebakaran hutan dan lahan,” tutur nya.
 .
Selain itu ada nya kelemahan dalam keamanan, Rizki pun meminta Kapolri Tito Karnavian untuk mencopot Kapolda setempat yang dianggap tidak baik dalam menjalankan tugasnya sehingga kasus kebakaran hutan dan lahan ada oknum yang sengaja bermain untuk membakar hutan dan lahan,”Tandasnya menyampaikan,(*)
 .
Redaksi:JPO/ BLS