Home Daerah DPRD Propinsi Sumut dukung pembentukan Propinsi kepulauan Nias

DPRD Propinsi Sumut dukung pembentukan Propinsi kepulauan Nias

42
0
SHARE

Poto, Istimewah

 ROMBONGAN DPRD Sumut yang dihadiri Fajar Waruwu, Philip Perwira Juang Nehe, Fanòtòna Waruwu dan Lidiani Lase, dari unsur pemuda Nur Panca Sari Maruao SH, Monalisa Zalukhu bersama sama ketum BPP PKN  Mayjen TNI ,(Purn ) Drs Cristian Zebua M.M. dan ketua BPP PKN Jakarta Sar Zebua dengan rombangan lainnya beraudiensi dengan Dirjen strahan Mayjen TNI Rizerius Eko beserta staf terkait.

Singkatnya dalam dialog diskusi masalah peran kemhan dalam mendorong terbentuknya Propinsi kepulauan Nias dipandang dari aspek ancaman terhadap NKRI dari Barat, sesuai UU no.23 thn 2014 tentang Pemda yaitu aspek pertimbangan kepentingan strategi Nasional.

“Perwakilan DPRD Sumut Fajar waruwu menyatakan bahwa sebagai wakil rakyat Sumut dari dapil kepulauan nias berkewajiban menyampaikan aspirasi Rakyat kepulauan Nias untuk mendesak terbentuknya Propinsi kepulauan Nias yang telah penuhi syarat sejak tahun 2014,tapi saat ini masih dikunci dengan Moratorium, masyarakat nias berhak untuk sejahtera seperti didaerah lain,” ujar Nur Panca melalui keterangan tertulis yang disampaikannya melalui pesan singkatnya, Jumat(06/9/2019).

Dalam hal inipun pihaknya berharap agar kemenhan merekomendasikan ini pada Presiden. Ketum BPP PKN Mayjen TNI ( Purn) Christian zebua menyatakan bahwa kepulauan Nias sebagai etalase dan garda terdepan bagian barat NKRI hrs diwujudkan untuk menjamin pengamanan kepentingan Nasional dan keutuhan NKRI.

Kriteria untuk masuk pada kategori pertimbangan kepentingan strategi Nasional sesuai UU 23 tahun 2014 telah dipenuhi oleh CDOB propinsi kepulauan Nias yaitu sebagai P. Terluar, daerah perbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan merupakan daerah tertentu yang berpengaruh pada kepentingan nasional dan keutuhan NKRI, mengingat kep.Nias terdiri dari 133 pulau, yang terhuni 30 pulau dan 103 pulau kosong yang sangat rawan terhadap penyusupan yang dapat mengancam kepentingan nasional dan keutuhan NKRI. Sehingga pembentukan Propinsi kepulauan Nias dititik beratkan pada pertimbangan kepentingan strategi nasional yang merupakan ranah Kemhan untuk merekomendasikannya dan pemenuhan hak dasar masyarakat Nias untuk sejahtera juga menjadi suatu keharusan, oleh karenanya pembentukan Propinsi kepulauan Nias adalah suatu hal yg mendesak dan tidak perlu ditunda tunda.

Dirjen Strahan mayjen TNI Rizerius Eko atas nama Menhan menyampaikan bahwa, memang benar hakekat ancaman dari bagian Barat Indonesia perlu mendapat perhatian khusus, oleh karenanya kami akan membuat kajian khusus sekaligus merekomendasikan pembentukan kekuatan atau penambahan kesatuan baru diwilayah kepulauan Nias dan secara otomatis akan terjadi penyesusian tingkat pemerintahan menjadi propinsi kepulauan Nias.

Acara audiensi diakhiri dengan Foto bersama dan nostalgia Ketum BPP PKN  mayjen TNI(purn)Drs Christian Zebua M.M dengan para perwira tinggi dan perwira menengah yang hadir dalam acara tersebut(Bar.Nur)