Home Budaya Terobosan Terbaru Betawi b@nkit Bersama Gandeng Tangan Tingkatan Usaha Mikro

Terobosan Terbaru Betawi b@nkit Bersama Gandeng Tangan Tingkatan Usaha Mikro

82
0
SHARE

(Foto: Istimeawah)

LAGI-lagi organisasi masyarakat Betawi b@nkit ciptakan gebrakan terobosan terbarunya yang akan luncurkan program yang lebih mukhtahir lagi khususnya dalam peningkatan wirausaha Mikro/ UMKM.
.
Dalam hal ini, ketua umum Ormas Betawi b@nkit David Darmawan seusai gelar pertunjukan serta pertemuan dengan adakan kesepakatan kerjasama dengan pihak Gandeng Tangan (gandengtangan.com) bersama Sconntix dan Yayasan Seniman/sanggar ‘Maen Pukul Betawi Beksi’ Kong H.Hasbullah dalam peningkatan kewirausahaan sosial Betawi 2019.
.
“Kegiatan hari ini adalah salahsatu pilot project kami dari Betawi Bangkit bekerjasama dengan perusahaan kami juga Sconntix dan begitu juga dengan perusahaan-perusahaan rintisan di Indonesia yang hasil kemarin dari Indofundfest suatu kegiatan yang fenomenal yang di prakarsai dan di kondisikan oleh Habibie Center yang pembinanya ialah profesor Ilham Habibie(anak BJ.Habibie presiden ke-3 RI),” Ujarnya saat ditemui di resto seribu rasa, kawasan Summarecon, Bekasi, Senin(19/8/2019).
.
Lanjut David lagi menjelaskan, bahwa Ilham Habibie juga yang memperkenalkan pihaknya dengan perusahaan-perusahaan rintisan tersebut dengan Sconntix.
.
Namun sebelum menjelaskan hal tersebut, sebelumnya pihak Betawi b@nkit disesi pertemuan mereka sempat mengelar acara pertunjukan berbagai peragaan seni budaya Betawi baik seni tari, silat para jawara dan sejenis, yang seogiayanya hal tersebut dikategorikannya juga sebagai momen bersejarah, dimana Betawi b@nkit sudah meng-implementasikan salahsatu program dari Betawi Bangkit dengan bekerjasama dengan pihak gandengtangan.com untuk memajukan usaha mikro/umkm di kantong-kantong betawi begitu juga turut serta salahsatu sanggar legendaris oleh Kong H.Hasbullah turut andil ambil bagian dalam pertemuan dan pertunjukan tersebut.

.
“Kami sebagai anak betawi juga ingin berbagi dengan konsep,Betawi for All, All for Betawi(Betawi Untuk Semua, Semua Untuk Betawi),” pungkasnya.
.
Karenanya, kata David, bahwa Ormas Betawi b@nkit ini juga lahir dan bangkit dari Gerbang Betawi (Gerakan Kebangkitan Betawi) dalam hal ini Ia pun menyarankan khususnya pada generasi muda agar tidak hanya hebat sebatas main pukul/pencak silat(jawara) namun seogiyanya juga harus bisa menjadi juragan(pemimpin) apalagi melihat perkembangan tekhnologi zaman sekarang ini, diharapkan para, kawula muda agar bisa mampu lebih baik lagi dalam pengetahun tekhnologi(IT).
.
“Kalo Ngaji itu sudah pasti! karna kalo jaman dulu kita dengar kalimat betawi ya! Itu pasti itu zaman Babe aye itu, kita pasti mikirin (bahwa kalimat Betawi) itu identik ya jawara,” ucapnya.
.
Jadi, lanjutnya lagi, bahwa saat ini ada baiknya, konsep paradigma betawi yang lama itu yang harus di kondisikan lagi lebih kearah yang lebih maju dan baik lagi dan dia pun berharap agar pihaknya, utamanya, bisa menjadi agen-agen pelaku perubahan untuk kemajuan bangsa.
.
“Jadi dari gerakan kebangkitan betawi, lalu gerakan betawi bangkit, jawara melek information technology, betawi startup week end bahkan sampai dengan kamar Indofundfest, maka terjadilah kita bergandeng tangan ini untuk mengembangkan semua usaha,” paparnya.
.
David pun menegaskan, Betawi itu harus maju, dan harus bisa maju, dengan mengingatkan, dianataranya “Peope, planet and profit, manusia ya, lingkungan dan penghasilan ya! keuntungan dan ekonomi apalagi dengan lingkungannya untuk turut serta menjaga kelestarian alamnya dan juga pemasukannya,” ujarnya.
“Jadi kita boleh untung, namum harus ingat seni budaya karna kita juga hidup, tapi tanpa melupakan ajaran-ajaran leluhur kita, jadi usahakanlah untuk coba mencari persamaan kita dibanding perbedaan diantara kita,” pesannya.
.
“Kami yakin dengan Betawi B@ngkit SDM nya akan unggul, Indonesia Insyaallah maju, dan ini untuk semua. ormas kami akan selalu bergerak sekecil apapun itu, kami iklashkan dan kami mewakafkan diri kami untuk gerakan kebangkitan betawi dan untuk Indonesia seluruhnya,” Ujarnya.
.
Bahkan dalam waktu dekat inipun, mereka meng-apresiasi serta mendorong, mendukung program oleh pihak seniman ‘Sanggar Maen Pukul Beksi’ yang dibina oleh Kong H.Hasbullah, “Yang (nantinya) akan diwakili oleh bang Panca yang ikut serta memeriahkan acara ‘South Korea Festival’ dan Insyallah, Antum juga akan ikut kesana. Dan kami dari Socentix Betawi B@ngkit akan mensuport beliau dan sanggarnya agar lebih bisa berpartisipasi lagi,” katanya.
.
Dengan ini untuk kedepannya pihaknya juga akan mengundang sanggar-sanggar yang lainnya, “Kita nanti akan ada tols bagi sanggar yang seperti yang memerlukan konsep pendanaan, skema kemitraan dan lainnya, dan ada situs web khusus yang namanya betawi titik gandeng tangan titik com(betawi.gandengtangan.com),” urainnya menjelaskan.
.
Dalam website tersebut juga, tambahnya lagi menerangkan sejatinya akan mempermudah dan akan bisa ditemukan berbagai profil-profil, begitu juga skema para penggiat seni, pengiat budaya terutama yang punya usaha mikro dan menenggah dalam mencari informasi agar jadi lebih maju dan berkembang lagi.(*)

saksikan penjelasan lengkapnya di video bawah ini

klik:

Admin/Editor: JPO