Home Politik Sukses Digelar!!, COACHING DAN CAPACITY BUILDING TAKMIR MASJID SE DKI-JAKARTA Dan JAWA...

Sukses Digelar!!, COACHING DAN CAPACITY BUILDING TAKMIR MASJID SE DKI-JAKARTA Dan JAWA BARAT

297
0
SHARE

Sejatinya, dalam tiap sendi perikehidupan beragama yang telah berlangsung sejak Republik Indonesia berada dibawah satu kesatuan Nusantara,  kemudian dimasa penjajahan,  dan sampai kepada masa kemerdekaan Republik ini, bahkan sampai sekarang, sudah seharusnya kerukunan umat beragama dijunjung tinggi dan menjadi sebuah lem perekat dalam nafas kebangsaan di setiap sudut negeri ini, dimana kerukunan antar umat beragama bernilai esensi yang tinggi bagi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Demikian pula halnya dalam kehidupan beragama, terutama bagi pemeluk agama (umat) Islam, dimana pada akhir-akhir ini sering terjadi masalah yang bersifat krusial yang berdampak pada kesatuan umat Muslim itu sendiri.

Seperti kita ketahui, akhir-akhir ini, banyak terjadi hoax (berita bohong), radikalisasi dan ekstrimisme yang merasuk dalam kehidupan beragama, khususnya umat Islam, yang memiliki dampak negatif bagi persatuan umat muslim itu sendiri,  yakni ukhuwah Islamiyah.

Beberapa contoh nyata kasus yang terjadi adalah tentang munculnya radikalisasi dan ekstrimisme yang dilakoni oleh aktor inteketual yang hingga saat ini belum begitu nyata siapa dalang dibalik kejadian-kejadian terse but, namun riak-riak dan kejadian-kejadian yang banyak terjadi di dalam umat Islam tersebut , banyak dimulai dan terjadi di mesjid, dimana mesjid merupakan tempat suci bagi umat Islam, dimana mesjid yang seharusnya menjadi tempat yang khusyuk dalam menjalankan ibadah bagi umat Islam, namun banyak dijadikan sebagai lahan radikalisasi,  ekstimisme, ujaran kebencian serta penyebaran berita bohong (hoax).

Mengingat penting dan urgentnya hal tersebut, maka Garda Matahari sebagai salah satu relawan Jokowi-Ma’ruf Amin melangsungkan sebuah gelaran acara COACHING DAN CAPACITY BUILDING TAKMIR MASJID SE DKI-JAKARTA Dan JAWA BARAT,  yang digelar di Hotel Grand Cempaka, pada hari Minggu, 24 Maret 2019.

Menurut Ustad Syafiq Hasyim, selaku pembicara, “Sangat diperlukan suatu cara positif dalam mendampingi umat dalam proses keberagamaan,  mengambil peranandan memakmurkan kembali masjid, tidak hanya ada Di tahun politik ,  dan harus memiliki dampak positif bagi Keseluruhan umat islam, dimana  nasib ummat ditanggung atau ada didalam hal-hal yang menyangkut keputusan politik tersebut”.

Menurut Ustad Darmanto, selaku Ketua DKI Garda Matahari, “Acara kali ini memiliki dampak positif bagi para takmir mesjid, karena sesungguhnya merekalah yang berhubungan langsung dengan umat Islam dimana mesjid tersebut digunakan sebagai tempat ibadah, dan sudah sepantasnya kemaslahatan Umat Islam diperhatikan, ya contohnya dengan meminimalisir bahkan menghapus radikalisme dan ekstrimisme dikawasan mesjid”.

Pernyataan terakhir dari pak Ibnu, “Mari kita bersama-sama menjaga ukhuwah Islamiyah, jangan saling menjelek-jelekkan umat Muslim, jangan saling menghina, mengkafir-kafirkan saudara kita sesama umat Islam”.

Acara yang berlangsung sehari ini dihadiri oleh lebih dari 200 orang dan dari 41 wilayah se-DKI Jakarta dan Jawa Barat sertaberlangsung khidmat dan penuh semangat ukhuwah Islamiyah,  dan penuh rasa persaudaraan umat muslim.