Home Budaya Peringati Hari Sampah Nasional Rimbawan Gelar Saber-Saber Sapu Bersih Sampah Berserakan

Peringati Hari Sampah Nasional Rimbawan Gelar Saber-Saber Sapu Bersih Sampah Berserakan

279
0
SHARE

Penulis: Adlur/IPRI.c/ Editor, Admin: AT

Peringati Hari Sampah Nasional Rimbawan Gelar Saber-Saber Sapu Bersih Sampah Berserakan

Jawa Timur-Organisasi pecinta lingkungan yang menamakan diri Komunitas Rimbawan bersama Komunitas lainnya menggelar deklarasi peduli sampah bertajuk ‘Sapu Bersih Sampah Berserakan (Saber-Saber)’ pada Minggu (17/04/19) kemarin di Kota Batu, Malang, Jawa Timur.

Deklarasi tersebut diselenggarakan dalam rangka Memperingati Hari Sampah Nasional.

Dalam deklarasi tersebut juga dihadiri oleh beberapa instansi terkait diantaranya Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Dinas Kehutanan Lingkungan Hidup Kota Batu, Perum Perhutani Biro Perencanan SDH Divisi Regional Jawa Timur, UPT Tahura Raden Soerjo, UB Forest, Dharma Wanita, Himpunan Alumni IPB Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Himpunan Alumni IPB Malang dan Batu, SMK Kehutanan Walisongo dan lainnya.

Selain untuk memperingati Hari Sampah Nasional, deklarasi tersebut juga digelar agar terbangunnya rasa peduli masyarakat terhadap cagar budaya yang ada di Kota Batu khususnya masyarakat yang ada di Malang dan sekitarnya.

“Semoga deklarasi ini dapat memberikan efek positif bagi upaya pelestarian lingkungan secara umum. Serta dapat menjadi stimulan bagi kegiatan besar lainnya dari berbagai unsur atau lembaga sebagai wujud dari kepedulian lingkungan,” kata Ketua Panitia Saber-Saber, Asep Kusnidar saat memberikan sambutannya.

Selain itu, Kusdinar juga menjelaskan kenapa Rimbawan memakai istilah Saber-Saber. Saber-Saber, kata dia, adalah sebuah bukti nyata Rimbawan dalam menjaga lingkungan hidup.

“Khususnya pada kawasan pelestarian alam Tahura Raden Soerjo terhadap pengelolaan sampah,” imbuhnya.

Selaku panitia penyelenggara, Kusdinar juga menyampaikan komitmennya terhadap lingkungan hidup dan pelestarian alam. Menurutnya, deklarasi ini juga dilakukan sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam hal pengelolaan lingkungan.

“Deklarasi ini juga adalah komitmen kami dalam mendukung program pemerintah mengenai pengelolaan sampah. Sehingga pelestarian alam pun semakin berjalan,” katanya.

Sebanyak 300 peserta hadir dalam deklarasi ini, dihadapan para peserta, Kusdinar berharap apa yang menjadi tujuan dari Saber-Saber terwujud tak hanya di Kota Batu, melainkan di seluruh Indonesia.

“Kami berharap kita semua dapat bekerja sama antara pemerintah dengan masyarakat dalam menjaga lingkungan serta melestarikan alam dan budaya,” tutupnya.#

》 Photo Ist.