Home Internasional TV.Line- Disability Rights Fund, International Women’S Day. Perempuan Harus Sebarkan Energi Positif

TV.Line- Disability Rights Fund, International Women’S Day. Perempuan Harus Sebarkan Energi Positif

253
0
SHARE

TV.ONLINE

NEWS

Jakarta- Tepat pada tanggal 8 Maret, perempuan di seluruh dunia beramai-ramai memperingati Hari Perempuan Internasional dengan menggelar berbagai acara.

Salah satu acara yang menarik digelar oleh koalisi perempuan penyandang  disabilitas di Jakarta dengan sebuah festival, pada Kamis (08/03) di Plaza Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki.

Acara diskusi publik dengan tema “Posisi Perempuan Disabilitas di Mata Hukum : Hak dan Kapasitas”, menjadi rangkaian utama dalam acara ini.

Diskusi publik ini digelar untuk membahas berbagai masalah yang dialami oleh perempuan disabilitas yang selama ini luput dari perhatian masyarakat termasuk para aktivis perempuan dan HAm, terutama masalah diskriminasi, ketiadaan akses, dan kasus kekerasan terhadap perempuan, termasuk kekerasan seksual.

“Untuk mengatasi hal ini, Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak ingin menggalakan pengarustamaan gender, yang bukan hanya dilakukan oleh Kementrian Pusat tapi juga di daerah,” ungkap Siti Mardiah, selaku Kepala Bidang Perlindungan Perempuan dalam Keadaan Darurat Kementrian Pemberdayaan  Perempuan dan Perlindungan Anak, yang ditemui dan dilansir dari Grid dalam acara Diskusi Publik ‘Posisi Perempuan Disabilitas di Mata Hukum : Hak dan Kapasitas’, Kamis (08/03), di Plaza Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki.

Siti Mardiah juga menjelaskan bahwa terdapat 4 hak perempuan disabilitas di Indonesia yang dilindungi oleh undang-undang, dan harus menjadi komitmen pemerintah dan masyarakat untuk sama-sama mengakomodir hak-hak untuk perempuan, khususnya penyandang disabilitas.

“Ada 4 hak perempuan disabilitas yang dilindungi oleh undang-undang, diantaranya hak untuk hidup, hak untuk berekspresi, hak mendapatkan kesehatan dan pendidikan, serta hak berwarganegara,” jelasnya.

Saksikan juga tautan video di Tv line for international cuplikan seutas acaranya serta wawancara langsung dengan Maulany ketua panitia acara, seperti yang tertera diatas.(JPO/editorBar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here